RPS EKONOMETRIKA v2

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk mata kuliah Ekonometrika dengan pendekatan Outcome-Based Education (OBE) dan mengintegrasikan Taksonomi Bloom level 8. Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Ekonometrika

IDENTITAS MATAKULIAH

**Mata Kuliah** Ekonometrika
**Kode Mata Kuliah** [KODE_EKONOMETRIKA]
**Program Studi** Ilmu Ekonomi
**Departemen/Fakultas** Ilmu Ekonomi/Fakultas Ekonomi dan Bisnis
**Universitas** Universitas xyz
**Semester** [SEMESTER]
**SKS** 3
**Nama Dosen Pengampu** [NAMA_DOSEN]

Deskripsi Matakuliah

**Aspek** **Penjelasan**
**Tujuan** Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan konsep dan metode ekonometrika untuk menganalisis data ekonomi dan membuat prediksi yang akurat.
**Ruang Lingkup** Model Regresi Linear, Uji Hipotesis, Multikolinearitas, Heteroskedastisitas, Autokorelasi, Model Persamaan Simultan, Data Panel, Model Time Series.
**Manfaat** Memberikan kemampuan kuantitatif yang kuat untuk analisis ekonomi, pengambilan keputusan berbasis data, dan penelitian ilmiah.
**Relevansi** Ekonometrika sangat relevan dalam berbagai bidang seperti keuangan, perbankan, kebijakan publik, dan riset pasar.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dibebankan pada mata kuliah

Ranah Capaian Pembelajaran Lulusan
Sikap Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan Menguasai konsep teoritis ekonomi makro dan mikro, keuangan, manajemen, akuntansi, dan bisnis; Menguasai metode kuantitatif dalam analisis ekonomi dan bisnis; Memahami perkembangan isu-isu ekonomi global dan regional.
Keterampilan Umum Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya; Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
Keterampilan Khusus Mampu mengidentifikasi dan merumuskan masalah ekonomi dan bisnis; Mampu melakukan analisis kuantitatif dengan menggunakan perangkat lunak ekonometrika; Mampu menginterpretasikan hasil analisis dan memberikan rekomendasi kebijakan.

Capaian Pembelajaran Matakuliah (CPMK) dan Sub-CPMK

CPMK Sub-CPMK
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar ekonometrika dan model regresi linear (C2) 1. Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dan ruang lingkup ekonometrika.
2. Mahasiswa mampu memahami asumsi-asumsi model regresi linear klasik.
3. Mahasiswa mampu mengestimasi parameter model regresi linear dengan metode OLS.
Mahasiswa mampu melakukan uji hipotesis dan interpretasi hasil regresi (C3) 1. Mahasiswa mampu melakukan uji t dan uji F.
2. Mahasiswa mampu menginterpretasikan koefisien regresi dan nilai R-squared.
3. Mahasiswa mampu menggunakan hasil regresi untuk membuat prediksi.
Mahasiswa mampu mendiagnosis dan mengatasi masalah dalam model regresi (C4) 1. Mahasiswa mampu mendeteksi multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi.
2. Mahasiswa mampu mengatasi masalah multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi.
3. Mahasiswa mampu mengevaluasi model regresi yang telah diperbaiki.
Mahasiswa mampu menerapkan model ekonometrika lanjutan (C5) 1. Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan model persamaan simultan.
2. Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan model data panel.
3. Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan model time series.

Bahan Pembelajaran

Pokok Bahasan Sub-Pokok Bahasan
Model Regresi Linear 1. Definisi dan Ruang Lingkup Ekonometrika
2. Asumsi-Asumsi Model Regresi Linear Klasik
3. Estimasi Parameter Model Regresi Linear dengan Metode OLS
Uji Hipotesis dan Interpretasi Hasil Regresi 1. Uji t dan Uji F
2. Interpretasi Koefisien Regresi dan Nilai R-squared
3. Penggunaan Hasil Regresi untuk Membuat Prediksi
Masalah dalam Model Regresi 1. Multikolinearitas: Deteksi dan Solusi
2. Heteroskedastisitas: Deteksi dan Solusi
3. Autokorelasi: Deteksi dan Solusi
Model Ekonometrika Lanjutan 1. Model Persamaan Simultan
2. Model Data Panel
3. Model Time Series

Kegiatan Pembelajaran (Metode)

Student Centered Learning (SCL) dengan metode: Diskusi, Studi Kasus, Project Based Learning, Peer-Led Team Learning.

Tugas

Tugas Individu: Membuat resume materi perkuliahan, mengerjakan soal latihan.

Tugas Kelompok: Menganalisis data ekonomi menggunakan model ekonometrika, presentasi hasil analisis.

Penilaian

Metode: Ujian Tulis, Tugas Individu, Tugas Kelompok, Presentasi.

Instrumen: Soal Ujian, Rubrik Penilaian Tugas, Rubrik Penilaian Presentasi.

Bobot Penilaian: Ujian Tengah Semester (30%), Ujian Akhir Semester (30%), Tugas Individu (20%), Tugas Kelompok (20%).

Kriteria Kelulusan: A (85-100), B (70-84), C (55-69), D (40-54), E (<40), T (Tidak Lulus).

Peraturan Tata Tertib

Kehadiran di kelas minimal 80%.

Referensi

[REFERENSI_EKONOMETRIKA]

Rincian Rencana Kegiatan

Bagian ke Sub-CPMK (Kemampuan Akhir yang Direncanakan) Bahan Kajian (Materi Pembelajaran) Bentuk dan Metode Pembelajaran (Media dan Sumber Belajar) Estimasi Waktu Pengalaman Belajar Mahasiswa Kriteria dan Bentuk Penilaian Indikator Penilaian Bobot Penilaian
1 Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dan ruang lingkup ekonometrika. Definisi dan Ruang Lingkup Ekonometrika Ceramah, Diskusi (Slide, Buku Teks) 150 menit Mendengarkan, Mencatat, Bertanya, Berdiskusi Partisipasi, Kuis (Tertulis) Ketepatan Definisi, Pemahaman Ruang Lingkup 5%
2 Mahasiswa mampu memahami asumsi-asumsi model regresi linear klasik. Asumsi-Asumsi Model Regresi Linear Klasik Ceramah, Diskusi (Slide, Buku Teks) 150 menit Mendengarkan, Mencatat, Bertanya, Berdiskusi Partisipasi, Kuis (Tertulis) Ketepatan Menyebutkan Asumsi, Pemahaman Implikasi 5%
3 Mahasiswa mampu mengestimasi parameter model regresi linear dengan metode OLS. Estimasi Parameter Model Regresi Linear dengan Metode OLS Ceramah, Latihan Soal (Slide, Software Ekonometrika) 150 menit Mendengarkan, Mencatat, Mengerjakan Soal, Menggunakan Software Tugas, Kuis (Tertulis, Praktik) Ketepatan Estimasi, Kemampuan Menggunakan Software 5%
4 Mahasiswa mampu melakukan uji t dan uji F. Uji t dan Uji F Ceramah, Latihan Soal (Slide, Software Ekonometrika) 150 menit Mendengarkan, Mencatat, Mengerjakan Soal, Menggunakan Software Tugas, Kuis (Tertulis, Praktik) Ketepatan Melakukan Uji, Kemampuan Menggunakan Software 5%
5 Mahasiswa mampu menginterpretasikan koefisien regresi dan nilai R-squared. Interpretasi Koefisien Regresi dan Nilai R-squared Ceramah, Diskusi (Slide, Buku Teks) 150 menit Mendengarkan, Mencatat, Bertanya, Berdiskusi Partisipasi, Kuis (Tertulis) Ketepatan Interpretasi, Pemahaman Konsep 5%
6 Mahasiswa mampu menggunakan hasil regresi untuk membuat prediksi. Penggunaan Hasil Regresi untuk Membuat Prediksi Ceramah, Latihan Soal (Slide, Software Ekonometrika) 150 menit Mendengarkan, Mencatat, Mengerjakan Soal, Menggunakan Software Tugas, Kuis (Tertulis, Praktik) Ketepatan Membuat Prediksi, Kemampuan Menggunakan Software 5%
7 Mahasiswa mampu mendeteksi multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Multikolinearitas, Heteroskedastisitas, dan Autokorelasi Ceramah, Latihan Soal (Slide, Software Ekonometrika) 150 menit Mendengarkan, Mencatat, Mengerjakan Soal, Menggunakan Software Tugas, Kuis (Tertulis, Praktik) Ketepatan Mendeteksi Masalah, Kemampuan Menggunakan Software 5%
8 Ujian Tengah Semester 30%
9 Mahasiswa mampu mengatasi masalah multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Mengatasi Multikolinearitas, Heteroskedastisitas, dan Autokorelasi Ceramah, Latihan Soal (Slide, Software Ekonometrika) 150 menit Mendengarkan, Mencatat, Mengerjakan Soal, Menggunakan Software Tugas, Kuis (Tertulis, Praktik) Ketepatan Mengatasi Masalah, Kemampuan Menggunakan Software 5%
10 Mahasiswa mampu mengevaluasi model regresi yang telah diperbaiki. Evaluasi Model Regresi yang Telah Diperbaiki Ceramah, Diskusi (Slide, Buku Teks) 150 menit Mendengarkan, Mencatat, Bertanya, Berdiskusi Partisipasi, Kuis (Tertulis) Ketepatan Evaluasi, Pemahaman Konsep 5%
11 Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan model persamaan simultan. Model Persamaan Simultan Ceramah, Latihan Soal (Slide, Software Ekonometrika) 150 menit Mendengarkan, Mencatat, Mengerjakan Soal, Menggunakan Software Tugas, Kuis (Tertulis, Praktik) Ketepatan Mengaplikasikan Model, Kemampuan Menggunakan Software 5%
12 Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan model data panel. Model Data Panel Ceramah, Latihan Soal (Slide, Software Ekonometrika) 150 menit Mendengarkan, Mencatat, Mengerjakan Soal, Menggunakan Software Tugas, Kuis (Tertulis, Praktik) Ketepatan Mengaplikasikan Model, Kemampuan Menggunakan Software 5%
13 Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan model time series. Model Time Series Ceramah, Latihan Soal (Slide, Software Ekonometrika) 150 menit Mendengarkan, Mencatat, Mengerjakan Soal, Menggunakan Software Tugas, Kuis (Tertulis, Praktik) Ketepatan Mengaplikasikan Model, Kemampuan Menggunakan Software 5%
14 Mahasiswa mampu bekerja sama dalam tim untuk menganalisis data ekonomi menggunakan model ekonometrika. Analisis Data Ekonomi dalam Tim Diskusi Kelompok, Presentasi (Data Set, Software Ekonometrika) 150 menit Berdiskusi, Menganalisis Data, Membuat Laporan, Presentasi Tugas Kelompok, Presentasi (Laporan, Slide Presentasi) Kualitas Analisis, Kualitas Presentasi, Kerjasama Tim 10%
15 Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil analisis data ekonomi menggunakan model ekonometrika. Presentasi Hasil Analisis Data Ekonomi Presentasi (Slide Presentasi) 150 menit Presentasi, Menjawab Pertanyaan Presentasi (Slide Presentasi) Kejelasan Presentasi, Kemampuan Menjawab Pertanyaan 10%
16 Ujian Akhir Semester 30%
``` Harap ganti placeholder seperti `[KODE_EKONOMETRIKA]`, `[SEMESTER]`, `[NAMA_DOSEN]`, dan `[REFERENSI_EKONOMETRIKA]` dengan informasi yang sesuai. RPS ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang ekonometrika dan aplikasinya, dengan penekanan pada pembelajaran aktif dan kolaboratif.

Post a Comment

0 Comments