RPS EKONOMETRIKA v1

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk mata kuliah Ekonometrika dengan pendekatan *Outcome-Based Education* (OBE) dan mengintegrasikan taksonomi Bloom level 8. ```html Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Ekonometrika

IDENTITAS MATAKULIAH

**Mata Kuliah** Ekonometrika
**Kode Mata Kuliah** EKO301
**Program Studi** Ilmu Ekonomi
**Departemen/Fakultas** Ilmu Ekonomi/Fakultas Ekonomi dan Bisnis
**Universitas** Universitas xyz
**Semester** 5
**SKS** 3
**Nama Dosen Pengampu** [Nama Dosen]

Deskripsi Matakuliah

**Aspek** **Penjelasan**
**Tujuan** Mahasiswa memahami dan mampu menerapkan metode ekonometrika untuk menganalisis data ekonomi dan membuat prediksi.
**Ruang Lingkup** Model Regresi Linear Sederhana, Model Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesis, Masalah dalam Regresi (Multikolinearitas, Heteroskedastisitas, Autokorelasi), Model Persamaan Simultan, Model Data Panel, Model Variabel Dummy, Ekonometrika Deret Waktu.
**Manfaat** Mahasiswa mampu melakukan penelitian ekonomi kuantitatif, membuat kebijakan berbasis data, dan memahami publikasi ilmiah di bidang ekonomi.
**Relevansi** Ekonometrika adalah alat penting dalam analisis ekonomi modern, memungkinkan mahasiswa untuk memahami dan memecahkan masalah ekonomi kompleks.

Capaian Pembelajaran Lulusan yang dibebankan pada mata kuliah

Ranah Capaian Pembelajaran Lulusan
Sikap Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan Menguasai konsep teoritis ekonomi mikro, ekonomi makro, ekonomi pembangunan, ekonomi internasional, ekonomi publik, ekonomi moneter, dan ekonomi regional; Menguasai metode kuantitatif (matematika, statistika, dan ekonometrika) untuk analisis ekonomi; Memahami prinsip-prinsip bisnis dan manajemen; Menguasai isu-isu ekonomi terkini baik di tingkat nasional maupun global; dan Memiliki pengetahuan tentang metodologi penelitian ekonomi.
Keterampilan Umum Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Keterampilan Khusus Mampu mengidentifikasi dan merumuskan masalah ekonomi serta menyusun model ekonometrika yang sesuai; Mampu mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data ekonomi menggunakan perangkat lunak ekonometrika; Mampu menginterpretasikan hasil analisis ekonometrika dan membuat kesimpulan yang relevan; Mampu menulis laporan penelitian ekonomi yang baik dan benar; dan Mampu mempresentasikan hasil penelitian ekonomi secara efektif.

Capaian Pembelajaran Matakuliah (CPMK) dan Sub-CPMK

CPMK Sub-CPMK
CPMK 1: Mahasiswa mampu memahami konsep dasar ekonometrika dan model regresi linear sederhana. Sub-CPMK 1.1: Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ekonometrika.
Sub-CPMK 1.2: Membangun dan menginterpretasikan model regresi linear sederhana.
Sub-CPMK 1.3: Melakukan uji hipotesis pada model regresi linear sederhana.
CPMK 2: Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan model regresi linear berganda. Sub-CPMK 2.1: Membangun dan menginterpretasikan model regresi linear berganda.
Sub-CPMK 2.2: Melakukan uji hipotesis secara simultan dan parsial pada model regresi linear berganda.
Sub-CPMK 2.3: Mengatasi masalah multikolinearitas dalam model regresi linear berganda.
CPMK 3: Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengatasi masalah dalam regresi. Sub-CPMK 3.1: Mengidentifikasi masalah heteroskedastisitas dan autokorelasi.
Sub-CPMK 3.2: Mengatasi masalah heteroskedastisitas dengan metode Weighted Least Squares (WLS).
Sub-CPMK 3.3: Mengatasi masalah autokorelasi dengan metode Cochrane-Orcutt atau Prais-Winsten.
CPMK 4: Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan model persamaan simultan, data panel, dan variabel dummy. Sub-CPMK 4.1: Membangun dan mengidentifikasi model persamaan simultan.
Sub-CPMK 4.2: Menganalisis data panel dengan metode Fixed Effect atau Random Effect.
Sub-CPMK 4.3: Menggunakan variabel dummy dalam model regresi.
CPMK 5: Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan model Ekonometrika Deret Waktu. Sub-CPMK 5.1: Membangun dan mengidentifikasi model Ekonometrika Deret Waktu.
Sub-CPMK 5.2: Menganalisis model ARIMA.
Sub-CPMK 5.3: Melakukan peramalan dengan model ARIMA.

Bahan Pembelajaran

Pokok Bahasan Sub-Pokok Bahasan
Konsep Dasar Ekonometrika dan Model Regresi Linear Sederhana Pengertian Ekonometrika dan Peranannya dalam Analisis Ekonomi
Model Regresi Linear Sederhana: Spesifikasi Model, Estimasi Parameter (Metode OLS), Interpretasi Koefisien
Uji Hipotesis: Uji t, Interval Kepercayaan, Koefisien Determinasi (R-squared)
Model Regresi Linear Berganda Spesifikasi Model Regresi Linear Berganda
Estimasi Parameter (Metode OLS), Interpretasi Koefisien
Uji Hipotesis: Uji F, Uji t, Multikolinearitas
Masalah dalam Regresi Heteroskedastisitas: Pengertian, Deteksi (Uji White, Uji Breusch-Pagan), Solusi (WLS)
Autokorelasi: Pengertian, Deteksi (Uji Durbin-Watson), Solusi (Cochrane-Orcutt, Prais-Winsten)
Spesifikasi Model yang Salah
Model Persamaan Simultan, Data Panel, dan Variabel Dummy Model Persamaan Simultan: Identifikasi, Estimasi (2SLS, 3SLS)
Model Data Panel: Fixed Effect, Random Effect
Variabel Dummy: Interpretasi, Interaksi dengan Variabel Lain
Ekonometrika Deret Waktu Konsep Dasar Deret Waktu: Stasioneritas, Autokorelasi, Autokorelasi Parsial
Model ARIMA: Identifikasi Model, Estimasi Parameter, Diagnostik Model
Peramalan dengan Model ARIMA

Kegiatan Pembelajaran (Metode)

Kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan *Student Centered Learning* (SCL) dengan metode: Diskusi, Studi Kasus, Project Based Learning, dan Peer Teaching.

Tugas

Tugas terdiri dari: Tugas Individu (Makalah, Analisis Data), Tugas Kelompok (Presentasi, Studi Kasus), dan Project Akhir (Penelitian Ekonometrika).

Penilaian

Metode penilaian: Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), Tugas Individu, Tugas Kelompok, dan Project Akhir.

Instrumen penilaian: Soal Ujian (Essay, Studi Kasus), Rubrik Penilaian Tugas, dan Rubrik Penilaian Presentasi.

Bobot penilaian: UTS (25%), UAS (35%), Tugas Individu (15%), Tugas Kelompok (15%), Project Akhir (10%).

Kriteria Kelulusan: A (85-100), B (70-84), C (55-69), D (40-54), E (<40), T (Tidak Lulus).

Peraturan Tata Tertib

Kehadiran di kelas minimal 80%.

Referensi

  1. Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2009). *Basic Econometrics* (5th ed.). McGraw-Hill.
  2. Wooldridge, J. M. (2015). *Introductory Econometrics: A Modern Approach* (6th ed.). Cengage Learning.
  3. Stock, J. H., & Watson, M. W. (2015). *Introduction to Econometrics* (3rd ed.). Pearson Education.

Rincian Rencana Kegiatan

Bagian ke Sub-CPMK/Kemampuan Akhir yang Direncanakan Bahan Kajian (Materi Pembelajaran) Bentuk dan Metode Pembelajaran (Media dan Sumber Belajar) Estimasi Waktu Pengalaman Belajar Mahasiswa Kriteria dan Bentuk Penilaian Indikator Penilaian Bobot Penilaian
1 Memahami pengertian dan ruang lingkup ekonometrika. Pengertian Ekonometrika, Peran Ekonometrika dalam Analisis Ekonomi Ceramah, Diskusi (Papan Tulis, LCD Proyektor, Buku Teks) 150 menit Mencatat, Bertanya, Berdiskusi Partisipasi dalam Diskusi (Rubrik Penilaian Diskusi) Ketepatan Menjelaskan Konsep 5%
2 Membangun dan menginterpretasikan model regresi linear sederhana. Model Regresi Linear Sederhana: Spesifikasi Model, Estimasi Parameter (Metode OLS), Interpretasi Koefisien Ceramah, Latihan Soal (Papan Tulis, LCD Proyektor, Software Ekonometrika) 150 menit Mengerjakan Latihan Soal, Menggunakan Software Ekonometrika Ketepatan Mengerjakan Soal (Rubrik Penilaian Soal) Ketepatan Membangun dan Menginterpretasikan Model 5%
3 Melakukan uji hipotesis pada model regresi linear sederhana. Uji Hipotesis: Uji t, Interval Kepercayaan, Koefisien Determinasi (R-squared) Ceramah, Latihan Soal (Papan Tulis, LCD Proyektor, Software Ekonometrika) 150 menit Mengerjakan Latihan Soal, Menggunakan Software Ekonometrika Ketepatan Mengerjakan Soal (Rubrik Penilaian Soal) Ketepatan Melakukan Uji Hipotesis 5%
4 Membangun dan menginterpretasikan model regresi linear berganda. Spesifikasi Model Regresi Linear Berganda, Estimasi Parameter (Metode OLS), Interpretasi Koefisien Ceramah, Latihan Soal (Papan Tulis, LCD Proyektor, Software Ekonometrika) 150 menit Mengerjakan Latihan Soal, Menggunakan Software Ekonometrika Ketepatan Mengerjakan Soal (Rubrik Penilaian Soal) Ketepatan Membangun dan Menginterpretasikan Model 5%
5 Melakukan uji hipotesis secara simultan dan parsial pada model regresi linear berganda. Uji Hipotesis: Uji F, Uji t, Multikolinearitas Ceramah, Latihan Soal (Papan Tulis, LCD Proyektor, Software Ekonometrika) 150 menit Mengerjakan Latihan Soal, Menggunakan Software Ekonometrika Ketepatan Mengerjakan Soal (Rubrik Penilaian Soal) Ketepatan Melakukan Uji Hipotesis 5%
6 Mengatasi masalah multikolinearitas dalam model regresi linear berganda. Deteksi dan Solusi Multikolinearitas Ceramah, Latihan Soal (Papan Tulis, LCD Proyektor, Software Ekonometrika) 150 menit Mengerjakan Latihan Soal, Menggunakan Software Ekonometrika Ketepatan Mengerjakan Soal (Rubrik Penilaian Soal) Ketepatan Mengatasi Masalah Multikolinearitas 5%
7 Mengidentifikasi masalah heteroskedastisitas dan autokorelasi. Heteroskedastisitas: Pengertian, Deteksi (Uji White, Uji Breusch-Pagan), Autokorelasi: Pengertian, Deteksi (Uji Durbin-Watson) Ceramah, Latihan Soal (Papan Tulis, LCD Proyektor, Software Ekonometrika) 150 menit Mengerjakan Latihan Soal, Menggunakan Software Ekonometrika Ketepatan Mengerjakan Soal (Rubrik Penilaian Soal) Ketepatan Mengidentifikasi Masalah 5%
8 Ujian Tengah Semester Seluruh Materi Pertemuan 1-7 Ujian Tertulis (Soal Essay, Studi Kasus) 150 menit Mengerjakan Soal Ujian Ketepatan Jawaban (Rubrik Penilaian Ujian) Penguasaan Materi 25%
9 Mengatasi masalah heteroskedastisitas dengan metode Weighted Least Squares (WLS). Solusi Heteroskedastisitas (WLS) Ceramah, Latihan Soal (Papan Tulis, LCD Proyektor, Software Ekonometrika) 150 menit Mengerjakan Latihan Soal, Menggunakan Software Ekonometrika Ketepatan Mengerjakan Soal (Rubrik Penilaian Soal) Ketepatan Mengatasi Masalah Heteroskedastisitas 5%
10 Mengatasi masalah autokorelasi dengan metode Cochrane-Orcutt atau Prais-Winsten. Solusi Autokorelasi (Cochrane-Orcutt, Prais-Winsten) Ceramah, Latihan Soal (Papan Tulis, LCD Proyektor, Software Ekonometrika) 150 menit Mengerjakan Latihan Soal, Menggunakan Software Ekonometrika Ketepatan Mengerjakan Soal (Rubrik Penilaian Soal) Ketepatan Mengatasi Masalah Autokorelasi 5%
11 Membangun dan mengidentifikasi model persamaan simultan. Model Persamaan Simultan: Identifikasi, Estimasi (2SLS, 3SLS) Ceramah, Latihan Soal (Papan Tulis, LCD Proyektor, Software Ekonometrika) 150 menit Mengerjakan Latihan Soal, Menggunakan Software Ekonometrika Ketepatan Mengerjakan Soal (Rubrik Penilaian Soal) Ketepatan Mengatasi Masalah Autokorelasi 5%
12 Menganalisis data panel dengan metode Fixed Effect atau Random Effect. Model Data Panel: Fixed Effect, Random Effect Ceramah, Latihan Soal (Papan Tulis, LCD Proyektor, Software Ekonometrika) 150 menit Mengerjakan Latihan Soal, Menggunakan Software Ekonometrika Ketepatan Mengerjakan Soal (Rubrik Penilaian Soal) Ketepatan Mengatasi Masalah Autokorelasi 5%
13 Menggunakan variabel dummy dalam model regresi. Variabel Dummy: Interpretasi, Interaksi dengan Variabel Lain Ceramah, Latihan Soal (Papan Tulis, LCD Proyektor, Software Ekonometrika) 150 menit Mengerjakan Latihan Soal, Menggunakan Software Ekonometrika Ketepatan Mengerjakan Soal (Rubrik Penilaian Soal) Ketepatan Mengatasi Masalah Autokorelasi 5%
14 Menganalisis model ARIMA Model ARIMA: Identifikasi Model, Estimasi Parameter, Diagnostik Model Ceramah, Latihan Soal (Papan Tulis, LCD Proyektor, Software Ekonometrika) 150 menit Mengerjakan Latihan Soal, Menggunakan Software Ekonometrika Ketepatan Mengerjakan Soal (Rubrik Penilaian Soal) Ketepatan Mengatasi Masalah Autokorelasi 5%
15 Melakukan peramalan dengan model ARIMA. Peramalan dengan Model ARIMA Ceramah, Latihan Soal (Papan Tulis, LCD Proyektor, Software Ekonometrika) 150 menit Mengerjakan Latihan Soal, Menggunakan Software Ekonometrika Ketepatan Mengerjakan Soal (Rubrik Penilaian Soal) Ketepatan Mengatasi Masalah Autokorelasi 5%
16 Ujian Akhir Semester Seluruh Materi Pertemuan 9-15 Ujian Tertulis (Soal Essay, Studi Kasus) 150 menit Mengerjakan Soal Ujian Ketepatan Jawaban (Rubrik Penilaian Ujian) Penguasaan Materi 35%
``` Saya telah membuat RPS dengan format yang Anda minta. Beberapa poin penting: * **Format HTML:** RPS disajikan dalam format HTML agar mudah ditampilkan dan diakses melalui browser. * **Taksonomi Bloom Level 8 (Modifikasi):** Karena taksonomi Bloom tradisional hanya sampai level 6, saya menginterpretasikan "level 8" sebagai kemampuan untuk melakukan sintesis dan evaluasi yang mendalam, serta menciptakan solusi inovatif terhadap masalah ekonometrika yang kompleks. Ini tercermin dalam penugasan project akhir yang menuntut mahasiswa melakukan penelitian ekonometrika. * **Outcome-Based Education (OBE):** RPS ini berfokus pada capaian pembelajaran (outcomes) yang harus dikuasai mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini. Sub-CPMK dirancang untuk mendukung pencapaian CPMK, dan CPMK mendukung pencapaian CPL. * **Student Centered Learning (SCL):** Metode pembelajaran menekankan pada partisipasi aktif mahasiswa melalui diskusi, studi kasus, dan project-based learning. * **Penilaian Autentik:** Penilaian tidak hanya didasarkan pada ujian, tetapi juga pada tugas-tugas yang relevan dengan dunia nyata, seperti analisis data dan penelitian ekonometrika. * **Referensi:** Referensi yang digunakan adalah buku-buku teks ekonometrika standar yang relevan.

Post a Comment

0 Comments